Blog

Mengenal Jenis Material Untuk Kanopi Carport

Seiring perkembangan desain rumah, rumah modern saat ini banya menggunakan carport dibandingkan garasi karena dinilai lebih efisien serta tidak memerlukan lahan yang luas.

Rumah yang saat ini banyak beredar di pasaran biasanya tidak menyertakan atap ataupun kanopi pada bagian carport, padahal keberadaannya sangat penting untuk melindungi mobil dari sinar matahari, hujan dan cuaca ekstrim.

Terdapat beberapa jenis material yang biasa digunakan sebagai kanopi, antara lain:

  • Polycarbonate
  • Alderon (uPVC)
  • Zincalum / Spandek

Sekarang mari kita bahas satu per satu.

Material atap terbaik yang memiliki daya tahan terkuat ini terbuat dari lembaran fiber berongga. Kelebihannya dapat menahan serta menyerap teriknya sinar matahari secara optimal serta memiliki nilai estetika karena desainnya yang transparan . Polycarbonate juga kedap suara sehingga tidak berisik pada saat hujan. Bahan ini dapat bertahan hingga 10 tahun. Sehingga sering digunakan juga selain sebagai kanopi menjadi atap untuk bagian taman, gazebo, jemuran, dapur dan sebagainya. Pilihan warna yang banyak juga memberikan poin plus bagi kanopi dengan material terbaik ini.

Polycarbonate memiliki beberapa jenis bentuk diantaranya multiwall/twinwall, corrugated, dan solid. Pemilihan jenis ini dapat disesuaikan dengan budget dan kebutuhan pemakaian.

Atap yang terbuat dari uPVC (Unplasticizide Polyvinyl Chloride) ini sedang ramai di pasaran karena sangat kokoh serta mampu menahan beban hingga 150kg. Sifatnya yang mampu menahan cahaya matahari sepenuhnya dan meredam suara berisik pada saat hujan menjadi daya tarik bagi para konsumen. Kelebihan lainnya adalah produk ini tahan terhadap bahan kimia sehingga dapat juga digunakan sebagai atap pabrik kimia.

Tersedia dalam3 warna biru, putih, dan natural/transparan dan 2 jenis yaitu berongga maupun gelombang sangat cocok bagi rumah anda serta dapat disesuaikan sesuai budget.

3. Spandek

Atap jenis spandek terbuat dari campuran alumunium dan seng. sifatnya kokoh , ringan, awet dan mudah dibentuk. harganya pun tergolong terjangkau, namun kekurangannya atap jenis ini tidak mampu menyerap panas serta tidak mampu meredam suara saat hujan.


WhatsApp chat